BeritaCirebonVirus Corona

Pemkab Cirebon Pilih Terapkan PSBB Proposional Untuk Menuju AKB

Foto : Istimewa

INFOCRB.COM, CIREBON.- Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon terus berupaya menangani pencegahan Covid-19. Salah satunya yakni berupa penanganan melalui tingkat kecamatan, Camat se Kabupaten Cirebon diminta untuk menerapkan protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-hari.

Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon, Rahmat Sutrisno menjelaskan, bahwa Jawa Barat bedasarkan keputusan dari Pemerintah Pusat masih menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Kabupaten Cirebon oleh Pemerintah Provinsi diijinkan mulai menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

“PSBB proposional karena masuk zona biru. Bedanya tempat ibadah dan pusat perekonomian dilonggarkan, hanya tetap menerapkan protokol kesehatan,” jelasnya.

Jam operasional minimarket, supermarket dan pasar tradisional masih dibatasi. Tempat ibadah kembali dibuka, hanya jumlah jamaah dibatasi. Sedangkan tempat hiburan maksimal buka sampai pada jam 21.00 WIB.

“Peraturan Bupati (Perbup) tengah disusun. Nanti akan dijelaskan maksud dari PSBB Proposional menuju AKB,” tendas dia.

Baca Juga:  Intensitas Hujan Tinggi, Tebing di Argasunya Longsor

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Cirebon, Imron Rosyadi menyampaikan, meski Kabupaten Cirebon telah ditetapkan sebagai zona biru, kewaspadaan harus tetap dilakukan guna memutus penyebaran Covid-19.

“Jadi, Camat kami kumpulkan untuk menyampaikan kepada Kuwu dilanjutkan kepada masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan,” ungkap Imron, Selasa (2/6/2020).

Ia mengatakan, upaya pencegaha telah dilakukan dengan swab test secara massal di pasar tradisional. Sebagian besar hasilnya negatif, meski ada pula yang reaktif. Tindakan cepat langsung dilakukan dengan menutup pasar selama 14 hari kedepan. Itu pun setelah mendapat kesepakatan dari Muspika dan para pedagang.

“Infrastruktur yang kami miliki harus dimanfaatkan dengan baik untuk memutus penyebaran Covid-19 di Kabupaten Cirebon,” jelasnya. (Pey)

Komentar on Facebook

Loading...
Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close