CirebonVirus Corona

Pemkot Cirebon Cari Hotel, Antisipasi Ruang Isolasi Overload

Foto : Kepala BKD Kota Cirebon, M. Arif Kurniawan

INFOCRB.COM, CIREBON.- Jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 Kota Cirebon terus bertambah, berdasarkan data di website resmi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Cirebon di Covid19.cirebonkota.go.id tercatat hari ini Jumat (18/9/2020) ada penambahan enam orang, sehingga totalnya ada 166 orang.

Atas hal itu, Pemkot Cirebon mengantisipasi terjadinya kelebihan kapasitas ruang isolasi dengan mencari alternatif ruangan seperti kamar hotel untuk isolasi pasien terkonfirmasi.

“Kami sudah rapat dengan Dinas Kesehatan, memang sepertinya sudah harus mulai menyiapkan (antisipasi ruang isolasi overload) apa itu hotel, yang digunakan untuk isolasi,” ujar Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Cirebon, M. Arif Kurniawan saat ditemui di Griya Sawala DPRD Kota Cirebon, Jumat (18/9/2020).

Baca Juga:  Unjuk Rasa Mahasiswa, Ketua DPRD dan Bupati Cirebon Sepakat Tolak Omnibuslaw

Menurut Arif, untuk skema dan hitungan angkanya masih belum dilakukan konsentrasi pembahasan. Tapi, lanjut Arif, dari sisi penganggaran sudah disiapkan dari anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT).

“Ada Rp 4 Miliar di BTT yang bisa digunakan,” kata Arif.

Jumlah tersebut, lanjutnya, bukan hanya untuk ruang isolasi, tetapi untuk penanganan Covid-19 secara keseluruhan.

“Sebiaknya memang kita harus sudah menyiapkan minimal 100 tempat tidur, sebagai cadangan apabila terjadi overload,” jelasnya.

Arif menambahkan, hotel yang akan ditetapkan menjadi ruang isolasi tambahan itu, diprioritaskan bukan hotel yang desain kamarnya dan bangunannya ke atas.

“Hotel yang kamarnya berjajar, bukan yang ke atas bangunannya, itu yang diprioritaskan, nanti kita cari kriteria hotel yang bisa dipakai,” pungkasnya. (Pey)

Komentar on Facebook

Loading...
Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close