Pengantar Hewan Kurban Bisa Melintas Jalur Penyekatan? Kasatlantas Polres Ciko Jawab Begini

oleh -42 views

Foto : Kasatlantas Polres Cirebon Kota AKP La Ode Habibi Ade Jama

INFOCRB.COM, CIREBON.- Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriyah / 2021 Masehi jatuh pada tanggal 20 Juli 2021, di tanggal tersebut masih masuk masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, dalam pelaksanaannya terdapat penyekatan beberapa ruas jalan guna meminimalisir mobilitas masyarakat.

Kondisi tersebut sedikit banyak memunculkan pertanyaan dari sejumlah penjual hewan kurban, apakah mereka bisa melintas di jalan yang ditutup tersebut. Pasalnya, setiap H-1 sampai hari H mereka harus mengantar hewan ke tempat konsumen.

Salah satu penjual hewan kurban, M. Fikri Fauzi mengungkapkan, ia setiap tahunnya mengantar hewan kurban ke rumah konsumen mulai dari H-1, sedangkan tahun ini masih masa PPKM Darurat, dirinya sedikit kebingungan apakah dapat melintas di jalur-jalur yang ditutup selama PPKM.

“Tahun ini Idul Adha masa PPKM, kami bisa melintas tidak ya? Apa perlu juga menunjukkan syarat surat vaksin dan hasil swab antigen/pcr untuk melintas di jalur penyekatan,” tanya Fikri.

Menjawab pertanyaan tersebut, Kasatlantas Polres Cirebon Kota, AKP La Ode Habibi Ade Jama menyampaikan, kendaraan hewan kurban sebenarnya masuk dalam kategori essensial, terlebih mendekati hari raya kurban.

“Sebenarnya masuk essensial, apalagi menjelang kurban,” kata Habibi saat dikonfirmasi melalui aplikasi pesan elektronik, Minggu (18/7/2021).

Kendati demikian, lanjut Habibi, pihaknya menekankan pentingnya setiap orang sudah menjalani vaksinas, termasuk penjual, pengantar dan penyembelih hewan kurban. “Kalau dari luar kota kami tetap minta perlihatkan kartu vaksin atau hasil swab, khususnya vaksin. Bagi yang belum vaksin, silakan vaksin dulu, di Polres setiap hari ada vaksinasi gratis, agar semua merata,” ungkapnya.

Komentar on Facebook

Tentang Penulis M Hasan Hidayat

Gambar Gravatar
Pencari Berita Wilayah Cirebon Kota