Penyebar Hoaks Kerusuhan Pasar Jagasatru Diciduk Polisi, Pelaku : Untuk Tingkatkan View

oleh -233 views

Foto : Ekpos kasus penyebar hoaks di Polres Cirebon Kota

INFOCRB.COM, CIREBON.- Penyebar informasi berupa video hoaks terkait kerusuhan di Pasar Jagasatru berhasil diamankan Satuan Reserse dan Kriminal Polres Cirebon Kota (Satreskrim Polres Ciko).

Dalam pers rilis kasus tersebut, Kasat Reskrim Polres Cirebon Kota, AKP I Putu Asti menjelaskan, pihaknya mengamankan pelaku penyebar berita bohong yang tersebar di dunia maya (media sosial), menurutnya, video yang disebar berpotensi menimbulkan gangguan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

“Kami tangkap penyebar video yang viral di media, video terkait kerusuhan pasar Jagasatru, kerusuhan itu sebenarnya tidak ada,” jelasnya.

Terkait penangkapan tersebut, Kasat Reskrim menuturkan, berbekal info awal, pihamha melakukan penyelidikan melalui tim cyber dengan menganalisa akun name yang mengunggah.

“Kami amankan satu pelaku, atas nama ISP (31), diamankan di Kesambi, kami amankan barang bukti hp yang diduga dipakai mengunggah video tersebut,” katanya.

Menurut Putu, sesuai keterangan, pelaku mengaku mengunggah dengan maksud meningkatkan viewers. “Dia (pelaku) karyawan di salahsatu perusahaan, sampingan youtuber konten sosial terkait musik,” ucapnya.

Selain itu, lanjut Putu, pelaku juga mengunggah satu video terkait jebolnya perempatan krucuk akibat PPKM.

“Diunggah di Youtube dan Fb, di Fb sudah di takedown, kita dalami sebagai barang bukti digital,” jelasnya.

Ancaman hukumannya, kata Putu, pelaku dijerat Pasal UU no 1 tahun 46, pasal 14 dengan ancaman 10 tahun, menyebarkan berita bohong yang berpotensi menimbulkan kegaduhan di masyarakat.

“Kami menghimbau masyarakat, mari kita hormati kebijakan pemerintah, kegiatan bermedsos lebih bijak,” ujarnya.

Komentar on Facebook

Tentang Penulis M Hasan Hidayat

Gambar Gravatar
Pencari Berita Wilayah Cirebon Kota