BeritaCirebon

Permudah Bayar Zakat, Baznas Buka 212 UPZ se-Kota Cirebon

Foto : Pelayanan zakat di Kantor Baznas Kota Cirebon

INFOCRB.COM, CIREBON.- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Cirebon mulai mendistribusikan kupon untuk pembayaran zakat fitrah ke sejumlah Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) yang ada, hal ini dimaksudkan agar pembayaran bisa diupayakan diawal sehingga tidak menumpuk di akhir-akhir bulan Ramadhan.

“Prediksi ramai ada pembayaran itu minggu kedua, tetapi jika mengacu tahun kemarin minggu terakhir, karena orang-orang ngejar afdolnya,” ujar Kepala Pelaksana Baznas Kota Cirebon, Luthfi Novantio.

Untuk pembayaran zakat fitrah sendiri, lanjut Luthfi, bisa dibayarkan di semua UPZ yang ada, dimana Baznas Kota Cirebon memiliki ratusan UPZ yang tersebar di berbagai lembaga.

Dari data yang ada, kupon untuk pembayaran zakat fitrah sudah didistribusikan ke 212 UPZ yang ada, dimana UPZ tersebut terdiri dari 20 UPZ di SMP Negeri, 9 UPZ di SMA Negeri, 31 UPZ di SMA Swasta dan Perguruan Tinggi, 27 UPZ di Kecamatan dan Kelurahan, 85 UPZ di kantor dinas dan instansi baik negeri maupun swasta, 17 UPZ di bank-bank serta 24 UPZ di hotel dan mall yang ada di Kota Cirebon.

Baca Juga:  Putra Mahkota Ungkap Pesan Terakhir Almarhum Sultan Sepuh XIV

“Bayar zakat bisa di UPZ, ada 212 UPZ yang setiap bulan setor ke kita, kupon pun kita distribusikan kesana,” ujar Luthfi.

Selain bisa membayarkan zakat fitrahnya dengan memanfaatkan UPZ-UPZ yang ada, dijelaskan Luthfi, Baznas juga masih menerapkan sistem pelayanan dengan tatap muka di kantornya dengan menerapkan protokol pencegahan Covid-19.

Bahkan jika muzaki memerlukan layanan penjemputan, maka petugas Baznas akan mendatangi langsung muzaki untuk menjemput zakatnya.

“Pelayanan di kantor seperti bisa, masih buka pelayanan tatap muka, tidak menutup kemungkinan jika muzaki menginginkan penjemputan, kita kirim tim untuk menjemput,” jelas Luthfi.

Ditambahkan Luthfi, meskipun masih membuka pelayanan tatap muka dikantor, namun jam operasional sedikit diperketat, dimana pelayanan di kantor Baznas buka mulai pukul 09.30 hingga 15.00.

“Jam operasional kita, selama darurat Covid-19 kita buka jam 09.30-15.00, tapi kalau nanti pembayaran zakat fitrah mulai ramai, kemungkinan akan kita perpanjang,” pungkasnya. (Pey)

Komentar on Facebook

Loading...
Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close