BudayaCirebon

Polemik Kasultanan Kasepuhan Mengundang Empati, Aliansi LSM Cirebon : Kami Jaga Marwah Keraton

Foto : Silaturahmi Aliansi LSM dengan Sultan Sepuh

INFOCRB.COM, CIREBON.- Polemik yang terjadi di Keraton Kasepuhan beberapa waktu lalu menimbulkan keperihatinan bagi masyarakat.

Elemen masyarakat yang terdiri dari puluhan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Ormas dan OKP bersilaturahmi dengan Sultan Sepuh, Kamis (16/7/2020) untuk memberikan dukungan atas polemik yang saat ini terjadi.

Mewakili Aliansi LSM, Ormas dan OKP se-Kota Cirebon yang bersilaturahmi, Ketua Kaukus Muda Cirebon, Reno Sukrisno menyampaikan bahwa kedatangan elemen masyarakat adalah bentuk keperihatinan terkait insiden menimpa kesultanan Cirebon.

“Kami sangat prihatin dan berempati kepada Sultan, cara yang mereka tempuh tidak elok, tidak sesuai dengan tradisi Cirebon, untuk itu tadi kami memberikan dukungan kepada Sultan,” ungkap Reno.

Reno menilai, polemik yang terjadi di Keraton beberapa waktu lalu dan sampai membuat kehebohan sangat tidak elegan, bahkan membuat malu masyarakat Kota Cirebon, dimana Keraton Kasepuhan yang menjadi salahsatu simbol sejarah seakan dicoreng.

Menjaga budaya, tradisi serta sejarah, kata Reno sudah merupakan final, sehingga apabila ada pihak manapun yang bermaksud melalukan sesutu, silahkan lakukan sesuai dengan tradisi yang ada.

“Kami elemen masyarajat Kota Cirebon meminta penegakan hukum yang seadil-adilnya kaitan persoalan yang terjadi,” tegas Reno.

Senada, Ketua LSM Gapura, Ajie Priatna mengungkapkan, silaturahmi dengan Sultan Sepuh ini merupakan wujud perhatian masyarakat Cirebon dalam hal menjaga marwah, sejarah, budaya Kota Cirebon.

Baca Juga:  Pasca Salah Satu PKL Ditahan Karena Melanggar Perda, Forum PKL Audiensi dengan Wali Kota

“Diharapkan ada penyelesaian yang baik dari masalah yang ada saat ini, kami tetap mengawal Kasultanan Kasepuhan,” ungkapnya.

Sementara itu, Sultah Sepuh XIV, PRA Arief Natadiningrat mengaku terkejut dengan kedatangan puluhan LSM, Ormas dan OKP yang datang bersilaturahmi dan menyampaikan dukungannya.

“Saya terharu dan kaget atas kehadiran elemen masyarakat yang datang hari ini, ini menandakan masyarakat peduli terhadap adat tradisi budaya dan sejarah kita,” ungkap Arief.

Atas kedatangan serta dukungan yang disampaikan, Arief pun menyampaikan terima kasih dan memberikan pesan, agar seluruh elemen masyarakat tetap menjaga kerukunan masyarakat di Kota Cirebon, tidak mudah terpengaruh dengan berbagai isu yang dihembuskan dan berdampak buruk bagi kondisi masyarakat yang selama ini menjunjung tinggi kerukunan, keamanan dan kedamaian.

“Jangan sampai kita dipermalukan di umum, nasional bahkan sampai di tingkat Internasional. Mereka datang menyampaikan dukungan dan keprihatinan, sehingga kami atas nama keluarga kesultanan Kasepuhan Cirebon sangat berterimakasih,” kata Sultan Arief. (Pey)

Komentar on Facebook

Loading...
Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close