BeritaCirebonPolitik

Polres Cirebon Kota Lakukan Pemetaan Kerawanan di Desa yang Gelar Pemilihan Kuwu

Foto : Ist// Kapolres Cirebon Kota, AKBP Roland Ronaldy

INFOCRB.COM, CIREBON.- Wilayah hukum Polres Cirebon Kota meliputi beberapa kecamatan yang ada di kabupaten Cirebon, oleh karena itu, dalam hajat demokrasi, Pemilihan Kuwu (Pilwu) serentak yang akan digelar, jajaran Polres Cirebon Kota pun ikut bertanggung jawab dari segi keamanan. Untuk menghadapi Pilwu serentak yang akan digelar 27 Oktober mendatang.


Kapolres Cirebon Kota, AKBP Roland Ronaldy mengungkapkan pihaknya sudah merencanakan skema pengamanan di sejumlah desa, terutama desa-desa yang sudah memiliki catatan kerawanan disetiap momentum Pilwu.


“Di wilkum kita ada 27 Desa yang melaksanakan Pilwu, kita sedang persiapkan, saat ini dalam tahap penetapan nomor urut calon. Kita koordinasi dengan Pemkab, Satpol PP dan lain-lain, terkait dengan berbagai kegiatan, seperti deklarasi damai,” ungkap Roland.


Untuk pola pengamanan yang akan diterapkan sendiri, lanjut Roland, pihaknya sudah melakukan pemetaan, dan dari hasil yang ditemukan, ada beberapa wilayah yang masuk kategori rawan berdasarkan beberapa pertimbangan, mulai dari adanya sejarah dan latar belakang setiap pelaksanaan Pilwi di desa tersebut, sampai potensi kerawanan karena calon yang head to head.


“Ada beberapa yang kita identifikasi perlu pengamanan lebih, karena ada sejarah dan latar belakang masyarakatnya, kemudian dari potensinya karena calon yang head to head, jumlah pengamanannya kita perbanyak,” kata Roland.


Untuk personilnya sendiri, disebutkan Roland, Polres Cirebon Kota akan menurunkan 650 anggotanya, dibantu dengan personil dari TNI dan Satpol PP.


“650 dari Polres Ciko yang kita siagakan, di back up sama Lanal, Kodim, Polair dan Brimob. Kita siapkan juga pola pengamanan, kita lakukan pendekatan kepada calon supaya bisa memberikan situasi damai, karena mereka yang punya massa pendukung,” jelas Roland. (Agi)

Rental Mobil Cirebon
Komentar on Facebook

Loading...
Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close