PPKM Level 4 Kota Cirebon, Penyekatan Batas Kota Tetap Diberlakukan

oleh -47 views

Foto : Dokumentasi tmc_cirebonkota

INFOCRB.COM, CIREBON.- Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Kota Cirebon resmi diperpanjang, pada 3-9 Agustus 2021.

Kepastian itu tertuang dalam Surat Edaran Walikota Cirebon dengan Nomor 443/SE.74-PEM tentang Perpanjangan PPKM Level 4 Covid-19 dalam Rangka Penanganan dan Pengendalian Penyebaran Covid-19 di Kota Cirebon.

“Berdasarkan pengumuman Presiden, bahwa PPKM Level 4 masa berlakunya diperpanjang. Sudah kami tindaklanjuti dengan menerbitkan Surat Edaran Walikota Cirebon,” ungkap Sekretaris Daerah Kota Cirebon, Drs. H. Agus Mulyadi, M.Si, Selasa (3/8/2021).

Tindaklanjut tersebut didasarkan pada hasil evaluasi pemerintah pusat, bahwa Kota Cirebon tetap menerapkan PPKM Level 4. Ada tiga indikator dalam penentuan level tersebut.

Dijelaskan Agus Mulyadi, indikatornya yakni penambahan kasus positif Covid-19 lebih dari 150 kasus per pekan, penanganan pasien rawat inap di rumah sakit lebih dari 30 orang per pekan, dan angka kematian lebih dari 5 orang per pekan. “Berdasarkan ketiga indikator itu, Kota Cirebon masuk sebagai daerah yang harus menerapkan PPKM Level 4. Di sisi lain, testing kita memang tinggi,” jelas Agus Mulyadi.

Terkait pembatasan mobilitas, kata Agus Mulyadi, penyekatan di 5 titik batas kota dan Kabupaten Cirebon tetap akan dilaksanakan, dengan penempatan petugas secara terjadwal. “Penyekatan di dalam kota tetap dijalankan,” katanya.

Namun demikian, pihaknya juga memberlakukan pelonggaran dalam beberapa hal. Seperti kegiatan usaha dibolehkan buka dengan ketetapan jam operasional, penerapan durasi bagi konsumen, termasuk penerapan protokol kesehatan ketat. “Pelonggaran sudah mulai diimplementasikan perlahan. Pemadaman lampu PJU akan diperkecil titiknya dan itu sedang dipetakan oleh Dinas Perhubungan. Khusus jalan protokol masih diberlakukan pemadaman lampu PJU,” katanya.

Agus Mulyadi menyampaikan, kecenderungan jumlah kasus positif Covid-19 relatif melandai. Tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit juga per 3 Agustus 2021 rata-rata 57 persen. “Kami berharap, ritme pelandaian ini terus dijaga. Penularan Covid-19 terus ditekan. Kuncinya, testing, tracing, treatment, dan isolating, serta patuhi prokes,” katanya. (Rls)

Komentar on Facebook

Tentang Penulis M Hasan Hidayat

Gambar Gravatar
Pencari Berita Wilayah Cirebon Kota