BeritaCirebon

Putra Mahkota Ungkap Pesan Terakhir Almarhum Sultan Sepuh XIV

Foto : PRA Luqman Zulkaedin saat pelepasan jenazah ayahandanya

INFOCRB.COM, CIREBON.- Duka mendalam menyelimuti keluarga besar Kraton Kasepuhan Cirebon, Sulatan Sepuh ke XIV PRA Arif Natadiningrat, meninggal dunia di Bandung akibat penyakit kangker usus yang dideritanya sejak tahun 2016 silam.

Sultan Sepuh ke XIV PRA Arif Natadiningrat meninggalkan 1 orang Istri dan 4 orang anak (3 putra dan 1 putri).

Ditemui di lokasi pemakaman, Kompleks Pemakaman Sunan Gunung Jati, PRA Luqman Zulkaedin, memastikan kalau orang tuanya meninggal akibat kanker usus yang sudah dideritanya sejak lama.

“Pada tahun 2016 Sultan Sepuh sempat dioprasi dan usunya dipotong beberapa cm, dan pada tahun 2018 juga sama di oprasi kembali dengan memotong beberapa cm,” ujar Luqman.

Dikatakan Luqman, beberapa bulan terakhir, alm Sultan Sepuh sempat menjalankan cemo terapy dan pada hari Selasa (21/7/2020) kondisi Sultan Sepuh semakin memburuk sampai menghembuskan nafas terakhir pada Rabu (22/7/2020) sekitar pukul 05.00 WIB.

Baca Juga:  Satlantas Polres Ciko Rutin Berbagi Makanan Gratis Usai Salat Jumat

“Sampai tadi pagi, kami dari keluarga juga masih menemani Sultan, karna berdasarkan keterangan dari dokter yang menangani Sultan, hanya mukzizat yang bisa menyembuhkan Sultan,” jelasnya.

Disinggung mengenai pesan terakhir Sultan Sepuh, Luqman mengakui ada beberapa pesan terakhir sultan kepada dirinya yakni untuk tetap melestarikan adat tradisi dan budaya khususnya yang ada di Kraton Kesepuhan.

“Kami diminta untuk tetap melestarikan budaya yang ada, jangan meninggalkan budaya yang sudah turun temurun, itu pesen Sultan,” tambahnya. (Arfan)

Komentar on Facebook

Loading...
Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close