Ratusan Pohon Ditebang untuk Penataan Trotoar Jalan Kartini-Siliwangi

oleh -51 views

Foto : penebangan pohon di Jalan Siliwangi

INFOCRB.COM, CIREBON.- Penebangan sejumlah pohon di Jalan Siliwangi dan Jalan Kartini merupakan kebutuhan, karena trotoar di dua jalan protokol tersebut akan ditata oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR). Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Cirebon, Wadi SE.

“Pekerjaan penataan trotoar akan diikuti oleh revitalisasi drainase yang ada dibawahnya, sehingga pohon besar yang menghalangi pekerjaan akan ditebangi,” terangnya, Senin (21/9/2020).

Di sepanjang Jalan Siliwangi, kata Wadi, pihaknya sudah mendata dan menandai, dari 245 pohon yang ada, 215 pohon sudah ditandai untuk ditebang karena berada ditengah badan trotoar yang akan ditata.

Sedangkan di Jalan Kartini, mulai dari persimpangan Siliwangi hingga rel KA, terdata ada sekitar 25 pohon di kiri dan kanan jalan yang menghalangi pekerjaan dan sudah ditandai untuk ditebang.

“Pohon itu akan dipotong, Jalan Siliwangi sampai lamer Krucuk, jalan Kartini sampai rel, itu tidak semua kita potong, hanya yang berdiri diatas drainase dan yang mengganggu jalur difabel saja,” ungkap Wadi.

Kondisi existing trotoar saat ini, dijelaskan Wadi, trotoar yang akan ditata berukuran 1,8 meter, dan direncanakan pada penataan kali ini lebar badan trotoar akan ditambah hingga 50 cm.

Untuk drainase yang ada dibawahnya sendiri, ruang drainase memang masih mencukupi untuk aliran air, namun kondisi saat ini sedimentasinya mencapai ketinggian satu meter, sehingga selain menata trotoar, proyek dengan anggaran 11,9 milyar tersebut juga akan melakukan normalisasi terhadap seluruh drainase di jalan Siliwangi-Kartini.

“Pekerjaannya itu penataan trotoar, normalisasi dan rehabilitasi drainase, kita keruk, ambil lumpurnya, jika ada yang perlu direhab kita rehab, nanti ada beberapa lampu taman dan kursi taman yang kita pasang,” jelas Wadi.

Sementara itu, tim administrasi teknis PT Inti Cipta Sejati, Tri menuturkan, pihaknya akan mengerjakan penataan trotoar dengan panjang sekitar 3 kilometer, diantaranya 2600 meter jalan Siliwangi, dan 450 meter Jalan Kartini yang hanya sampai rel KA.

“Itu panjang trotoar ya, bukan panjang jalan, jadi kiri dan kanan jalan secara keseluruhan,” ungkap Tri.

Mengenai pemotongan pohon yang dilakukan dan menjadi kebutuhan pekerjaan, secara jumlah dikatakan Tri, pihaknya akan menyesuaikan dengan kondisi di lapangan, dimana sesuai dengan arahan DPUPR, yang dipotong adalah yang menghalangi penataan trotoar dan normalisasi drainase.

Setelah dipotong, penggantinya akan disiapkan, dimana pihak pelaksana akan menyiapkan titik-titik yang sengaja dikosongkan di sepanjang trotoar untuk penanaman pohon.

“Yang dipotong, nanti akan ada penggantinya, slot-slotnya kita siapkan untuk menanam pohon, pembongkaran akan kita lakukan setelah 30 persen pohon ditebang, kita datangkan alat untuk pembongkaran,” kata Tri. (Pey)

Komentar on Facebook

Tentang Penulis INFOCRB

Gambar Gravatar
Digital Media Informasi & Hiburan