BeritaBisnisCirebon

Rp 2,2 Juta, UMK Kota Cirebon Tahun 2020

Foto : Disnaker Kota Cirebon for Infocrb

Besaran naiknya Rp 174.065,43 dari UMK Tahun 2019

INFOCRB.COM, CIREBON.- Upah Minimum Kota/kabupaten (UMK) tahun 2020 Kota Cirebon ditetapkan sebesar Rp 2.219.487,67. Angka tersebut disepakati dalam rapat Dewan Pengupahan Kota (Depeko) Kota Cirebon yang digelar di Kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cirebon, Kamis (7/11).


Kepala Disnaker Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya mengatakan, dari hasil rapat pleno penetapan UMK Tahun 2020, secara musyawarah mufakat, UMK Kota Cirebon 2020 naik 8,51 persen dari tahun lalu.


“Besaran naiknya Rp 174.065,43 jadi total Rp 2.219.487,67 ,” jelas Agus Sukmanjaya ditemui usai rapat.


Dijelaskan Agus lebih lanjut, tahapan selanjutnya sesuai mekanisme yakni tandatangan berita acara, kemudian lapor ke Walikota.


“Nanti akan dibuat surat usulan ke Gubernur Jabar untuk ditetapkan jadi UMK Kota Cirebon 2020 ini usulan dari pemkot Cirebon,” ungkapnya.


Agus menuturkan, jumlah tersebut dilihat dari rumusan peraturan pemerintah No.78 taun 2015 tentang pengupahan.
“Kesepakatan UMK ini jadi standar rumusan UMK secara nasional sudah final tidaka ada perubahan lagi,” ujarnya.

Sementara itu, perwakilan KSPSI Kota Cirebon, Andi M mengatakan, serikat pekerja pada prinsipnya ingin upah setinggi-tingginya, dengan melihat semua sektor, terutama potensi Kota Cirebon.
“Perumusan ini sudah berlangsung lama, kita ikuti semua,” ungkapnya.


Menurut Andi, penentuan UMK tahun berikutnya akan berlaku kembali survey, dan jika melihat potensi Kota Cirebon saat ini, pihaknya menilai upah yang layak di Kota Cirebon ini sebesar Rp 2,9 juta.


“Upah, karena domain pola pekerja ikuti masyarakat kota terutama habit, jadid harapan dunia investasi naik taraf kehidupan masyarakat naik nanti kesejahteraan pekerja juga akan mengikuti kami yakin itu karena berimbas,” pungkasnya. (Agi)

Komentar on Facebook

Loading...
Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close