BeritaCirebon

Saluran Drainase Penuh Sampah dan Endapan Pasir, Warga Kel. Drajat Kerja Bakti Massal

Foto: Istimewa

Kegiatan kebersihan massal ini untuk memperisapkan musim penghujan

INFOCRB.COM, CIREBON.- Untuk mengantisipasi banjir di musim penghujan yang diprediksi mulai pertengahan bulan Desember 2019, warga Kelurahan Drajat melakukan kerja bakti massal, Minggu (8/12/2019).

Kerja bakti massal ini melibatkan masyarakat RW 02 hingga RW 05, di lingkungan inilah selokan di pinggiran jalan penuh sampah dan terjadi pendangkalan karena menumpuknya lumpur yang dibawa oleh aliran air.

Ketua RW 02 Kelurahan Drajat, Diding Ruhadi mengatakan, kegiatan kebersihan massal ini untuk memperisapkan musim penghujan banyaknya sampah di saluran-saluran.

“Kami dari kelurahan melaksanakan kebersihan masal melaksanakan kerja bakti masal, seumpama hujan besar air itu menggenang, terlebih lagi tanah pemukiman lebih rendah dari jalan raya,” ujarnya.

“Biasanya air ini menggenang sampe 30menit, bergantung kapasitas air hujan yang turun. Ini pembuangan ke CUDP, tinggi air yang menggenang di pemukiman hingga 30centi, indikasi saluran pengurangan fungsi, pengurasan, dan masyarajat yang kurang sadar membuang sampah,” imbuh Diding.

Baca Juga:  Bupati Majalengka Jelaskan Anggaran Proyek Pembangunan Tugu Bola Dunia

Diakui Diding, pihaknya sudah pernah mengusulkan saluran tengah untuk mengalirkan air yang sering menggenang di pemukiman masyarakat.

“Sudah pernah mengusulkan untuk membuat saluran tengah, karena kecil jalannya, juga perlu adanya sodetan hingga air bisa mengalir hingga CUDP,” ucapnya

Menurutnya, usulan tersebut belum terealisasikan, Diding menghimbau, untuk masyarakat sekitar agar tidak membuang sampah senbarangan, agar saluran kecil di pemukiman tidak tersumbat.

Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati yang turut dalam kerja bakti tersebut mengatakan, setiap daerah memiliki persoalan sampah, untuk itu perlunya masyarakat yang ikut sadar akan kebersihan lingkungan.

“Persoalan di setiap daerah mengenai sampah harus dibenahi, disetiap selokan perlu pakai bak kontrol, ini akan di rekomandasikan pada camat, dan menjelang musim hujan ini masyarakat Kota Cirebon untuk menjaga kebersihan,” katanya.

Meningkatkan kesadaran masyarakat, Eti Herawati mengajak masyarakat untuk peduli lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Mari bersama-sama mewujudkan Kota Cirebon bebas sampah,” ujarnya. (Pey)

Komentar on Facebook

Loading...
Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close