BeritaCirebonVirus Corona

Sedang Mematangkan Data, Pemkot Cirebon Alokasikan Rp 3.2 Milyar Untuk Penanganan Covid-19

Foto : Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSP3A) Kota Cirebon, Iing Daiman.

INFOCRB.COM, CIREBON.- Selain progran bantuan dari Pemerintah Pusat dan program Misbar (Miskin Baru) dampak Covid-19 dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Daerah Kota Cirebon pun menyiapkan anggaran sebesar Rp 3.225.000.000 untuk masyarakat yang terdampak Virus Corona. Penanganan dari aspek sosial ini akan menyasar sebanyak 5.375 rumah tangga sasaran (RTS). Rencananya, tiap RTS akan mendapatkan Rp 200 ribu selama April sampai Juni. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSP3A) Kota Cirebon, Iing Daiman.

“RTS yang akan disasar program jaring sosial dampak Covid-19 adalah RTS yang belum mendapatkan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat maupun pemerintah pusat,” tegasnya.

Dijelaskan Iing, kelompok sasaran sebanyak 5.375 RTS tersebut terdiri dari data terdampak di luar kelompok sasaran provisni dan pusat, difabel, lansia, anak berhadapan dengan hukum, potensi sumber kesejahteraan sosial, perempuan kepala keluarga dan veteran.

“Sebanyak 3.000 dari 5.375 RTS calon penerima masih dilakukan sinkronisasi data. Maksudnya agar tidak tumpang tindih dengan program serupa dari pemprov maupun pusat. Sehingga program tersebut bisa menyasar lebih luas kepada masyarakat yang belum tersentuh bantuan pemerintah,” ujarnya.

Baca Juga:  Datangi Rumah Dinas, Rahardjo Ceritakan Secara Langsung Kejadian Viral di Keraton Kasepuhan ke Walikota

Menurut Iing, sumber datanya antara lain dari SIMPD (Sistem Informasi Manajemen Penyandang Disabilitas), DTKS non program PKH dan sembako, data Cirebon Peduli Anak Bangsa/Binaan DSPPA dan lainnya. Mekanisme penyaluran melalui Kantor Pos berupa uang tunai Rp 200.000/bulan selama 3 bulan.

“Kami saat ini tengah mematangkan proses pendistribusian bersama PT Pos Indonesia. Ditargetkan secepatnya bisa didistribusikan. Mudah-mudahan, bantuan tersebut bisa meringankan beban masyarakat yang membutuhkan,” ungkap Iing. (Pey)

Komentar on Facebook

Loading...
Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close