Selama Pandemi Covid-19, Investasi di Kota Cirebon Alami Tekanan Sampai 60 Persen

oleh -11 views

Foto : Kantor DPMPTSP Kota Cirebon

INFOCRB.COM, CIREBON.- Pandemi Covid-19 berpengaruh cukup besar terhadap investasi di Kota Cirebon. Bahkan, tekanan terhadap investasi tercatat mencapai 60 persen pada awal-awal pandemi ini ada. Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang penanaman Modal Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Hanry David.

“Selama Pandemi ini pelayanan perizinan tetap buka dan berjalan, namun dari sisi investasi ada tekanan 60 persen kondisinya,” ungkap David saat ditemui di kantornya, Selasa (3/11/2020).

Teyapi, kata David, sisanya 40 persen yang masih menggeliat perlu perhatian pemerintah, seperti yang sudah dilakukan Pemda Kota Cirebon yang mengeluarkan kebijakan adanya pemotongan-pemotongan pajak, itu merupakan terobosan yang luar biasa dalam mempertahankan investasi di kota ini.

“Itu (kebijakan pemerintah soal keringanan pajak) sangat membantu,” ujarnya.

Dijelaskan David, target investasi di Kota Cirebon Tagun 2020 ini Rp 500 Milyar, saat ini dalam catatan terakhir sudah masuk Rp 343 Milyar atau 68,78 persen dari target tersebut.

“Dari yang masuk itu, sektor perdagangan masih yang terbesar, sekitar 64 persennya dibanding sektor lain yakni industri dan koperasi,” kata David.

“Kita masih patut bersyukur, di Kota Cirebon ini (investasi) masih bergerak, saat ini pelayanan kita usahakan tetap maksimal,” tambahnya.

Menurutnya, kondisi sempat membaik ketika semua mulai normal baru, ternyata saat Kota Cirebon ini masuk zona merah Covid-19, grafiknya turun kembali.

“Makanya untuk menghindari penurunan ekonomi yang cukup signifikan, pemerintah memiliki niat baik untuk mengurangi titik berkumpul dengan tujuan memotong penyebaran virus corona, tetapi tidak menutup sektor ekonomi secara total, mudah-mudahan semua kembali dan mencapai apa yanh kita harapkan,” pungkasnya. (Pey)

Komentar on Facebook

Tentang Penulis INFOCRB

Gambar Gravatar
Digital Media Informasi & Hiburan