Selama PPKM Darurat di Kota Cirebon, Ada Peningkatan Angka Kematian Tapi Masih Lebih Tinggi Kelahiran

oleh -50 views

Foto : Sekretaris Disdukcapil Kota Cirebon, Rahmat Saleh

INFOCRB.COM, CIREBON.- Di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat khususnya di Kota Cirebon, angka kelahiran masih lebih banyak dibanding angka kematian. Hal itu berdasarkan data pemohon akta, baik akta kelahiran maupun kematian di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cirebon.

Dari data yang dihimpun menyebutkan, terhitung sejak tanggal 6 – 12 Juli 2021, di Disdukcapil Kota Cirebon ada 71 pemohon akta kelahiran dan 56 pemohon akta kematian.

Sekretaris Disdukcapil Kota Cirebon, Rahmat Saleh menjelaskan, di masa PPKM Darurat ini, berdasarkan data pemohon akta kematian cukup meningkat, tapi pemohon akta kelahiran pun cukup tinggi. “Artinya susul menyusul antara akta kelahiran dan kematian, biasanya memang akta kelahiran lebih banyak dari kematian dalam pendaftarannya,” kata Rahmat.

Dijelaskannya lebih lanjut, mulai tanggal 6 Juli, hari itu ada 13 akta kelahiran dan 8 kematian, kemudian tanggal 7, ada 8 kelahiran dan 11 kematian, pada tanggal 8 ada 15 akta kelahiran dan 12 kematian.

“Tanggal 9 Juli ada 21 pemohon akta kelahiran dan 9 akta kematian, serta di tanggal 12 Juli ada 14 akta kelahiran dan 16 kematian,” jelasnya.

Rahmat menambahkan, membuat akta kematian itu memang diwajibkan, urgensinya untuk pendataan penduduk. “Kalau tidak dilaporkan (tidak membuat akta kematian) di data base kita masih ada/hidup akan mengganggu data base itu,” ujar Rahmat.

Komentar on Facebook

Tentang Penulis M Hasan Hidayat

Gambar Gravatar
Pencari Berita Wilayah Cirebon Kota