Siap-siap, Pekan Depan Suntik Booster Vaksin Covid-19 di Kota Cirebon Dimulai

oleh -27 views

Foto : vaksinasi Covid-19 pelayan publik

INFOCRB.COM, CIREBON.– Seluruh tenaga kesehatan (nakes) di Kota Cirebon sudah disuntik booster vaksin Covid-19, kini giliran kelompok selanjutnya yakni pelayan publik, yang akan mulai disuntik pada pekan depan tepatnya tanggal 17 Januari 2022. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon, dr Edy Sugiarto.

“Vaksin booster ini, Insya Allah minggu depan, tanggal 17,” kata Edy ditemui disela-sela vaksinasi anak 6-11 Tahun di sekolah, Senin (10/1/2021).

Pelayan publik tersebut, dijelaskannya, mulai dari TNI-POLRI dan Aparatur Sipil Negara (ASN), termasuk wartawan. Menurut Edy, vaksinasi ini terus running dilakukan Pemda Kota Cirebon.

“Seluruh tenaga kesehatan di Kota Cirebon bekerja keras untuk vaksinasi Covid-19,” ucapnya.

Untuk ketersediaan vaksin, menurutnya, Kota Cirebon tergolong aman, saat ini ada 5000 dosis vaksin tersedia, jenisnya Sinovac. “Booster bisa Astra Zeneca, Moderna, kami sedang meminta tambahan stok juga ke provinsi,” ungkapnya.

Edy menjelaskan, untuk vaksin ketiga ini bisa heterolog bisa juga homolog atau bisa sejenis dengan vaksin yang pertama dan kedua, bisa juga berbeda. Misal, ia mencontohkan, vaksin pertama dan kedua Sinovac, ketika booster jenis yang sama boleh, begitupun jika beda jenis, itu tetap aman.

“Vaksinasi ini tujuannya, pokoknya adalah memproteksi semua lini semua usia warga masyarakat Kota Cirebon,” ucapnya.

Edy menambahkan, pertimbangan pelayan publik disuntik booster terlebih dahulu dibanding kelompok lain, karena pelayan publik ini lebih sering berinteraksi dengan orang maka tingkat terpaparnya pun besar.

“Tapi intinya, kalau sesuai prediksi kami, herd immunity sudah terbentuk, vaksinasi 70 persen, kami sudah capai angka itu. Target vaksinasi booster, sama seperti vaksinasi awal,” kata Edy.

Komentar on Facebook

Tentang Penulis M Hasan Hidayat

Gambar Gravatar
Pencari Berita Wilayah Cirebon Kota