BeritaCirebon

Tangani Masalah Sosial di Kota Cirebon, Dinsos Berharap Shelter PPKS Segera Dibangun

Foto : Dokumentasi DSPPPA Kota Cirebon

INFOCRB.COM, CIREBON.- Setelah pada tahun 2020 lalu batal direalisasi karena anggaran yang sudah dialokasikan kena refocusing untuk penanganan Pandemi Covid-19, Dinas Sosial Peberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPPA) Kota Cirebon mengharapkan pembangunan Shelter untuk Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), atau pada tahun ini nomenklaturnya berubah menjadi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) bisa dibangun.

Kepala DSPPPA Kota Cirebon, Santi Rahayu mengungkapkan bahwa belum lama ini, pihaknya sudah berkoordinasi dan menanyakan kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) sebagai SKPD yang menjadi leading sektor mengenai rencana pembangunan shelter yang sejak tahun lalu diajukan.

“Kemarin-kemarin sekdis saya kesana, ke DPUPR untuk menaanyakan anggaran, dan anggaran katanya sudah ada di PU,” ungkap Santi.

Meskipun anggarannya sudah ada dalam RKA di DPUPR, lanjut Santi, ia khawatir dengan perkembangan kondisi seperti saat ini, kembali akan ada refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19, terlebih lagi tahun ini mulai masuk tahap vaksinasi.

Baca Juga:  Permudah Pelayanan, Mulai Februari Urus Paspor Bisa di GCM

Namun demikian, DSPPPA terus mendorong DPUPR agar segera melaksanakan proses pembangunan yang dimulai dengan proses lelang, karena fasilitas shelter tersebut merupakan prioritas untuk penanganan PPKS di Kota Cirebon.

“Kita mendorong saja agar segera dilaksanakan, karena penanganan masalah sosial, para PPKS perlu fasilitas itu, karena anggaran sudah masuk di tahun 2021, kita ingin, mudah-mudahan secepatnya,” lanjut Santi.

Diakui Santi, koordinasi yang dimaksud memang baru sebatas koordinasi secara lisan, namun kedepan pihaknya akan berkoordinasi secara resmi dengan melayangkan surat.

“Baru secara lisan, belum secara surat, secara teknis kita akan tindaklanjuti, saya akan bertemu dengan DPUPR,” jelas Santi.

Sesuai dengan jadwal yang ada di RKA, kata Santi, pihaknya berharap rencana pembangunan shelter PPKS di belakang gedung Korpri, kawasan perkantoran Bima segera dilaksanakan.

“Saya pengen triwulan pertama, karena saat saya komunikasi beberapa bulan lalu, saya tanyakan, dan katanya triwulan pertama,” kata Santi. (Pey)

Komentar on Facebook

Loading...
Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close