Tidak Mudik, Warga Kota Cirebon ini Kumpul Virtual di Momen Lebaran : Tanya Kabar dan Masak Apa

oleh -28 views

Foto : Silaturahmi virtual di Idulfitri 2021

INFOCRB.COM, CIREBON.- Momen Idulfitri 1442 Hijriyah/2021 Masehi menjadi tahun ke dua perayaan lebaran di tengah pandemi Covid-19. Kerinduan kampung halaman tentu semakin mendalam, tetapi demi menjaga dan memutuskan mata rantai penyebaran virus corona, tidak sedikit warga yang memilih bertahan tidak mudik untuk bersilaturahmi secara fisik ke kampung.

Salah satunya dirasakan Nur Latifah (26), warga Griya Sunyaragi Permai Kelurahan Karyamulya Kecamatan Kesambi Kota Cirebon ini memilih tidak mudik ke kampung halamannya di Padang, Sumatera Barat.

Ipeh -biasa dia disapa-, mengaku, terakhir mudik ke Padang pada momen Lebaran Tahun 2019 lalu, tradisi tahunan yang dirasakannya sejak kecil itu terputus sementara pada Tahun 2020 dan 2021 ini karena pandemi Covid-19.

Dan, di tahun ini Ipeh menyapa saudara-saudara yang berada di luar kota dan memilih tidak berlebaran di kampung.

“Tadi siang selepas Salat Idulfitri, kami sekeluarga melakukan pertemuan bersama-sama secara virtual, ini kami pilih karena rasa rindu, terakhir kami kumpul pada Lebaran Tahun 2019 lalu,” ungkap Ipeh kepada Infocrbcom.

Ia sebenarnya tidak menginginkan kondisi seperti ini, menurutnya, silaturahmi secara virtual jauh berbeda rasanya dengan bertemu langsung. “(Virtual) kurang berkesan, tidak bisa silaturahmi secara langsung, berasa ada yang kurang gitu,” ucapnya.

Ipeh menceritakan, tradisi di keluarga besarnya itu, setiap momen Lebaran melakukan perjalanan secara bersama-sama (konvoi) menuju kampung halamannya di Padang. Sanak saudara itu tinggal merantau, mulai dari Kota Cirebon, Jakarta bahkan Batam. “Tadi kami virtual dengan keluarga dari Jakarta dan Batam, untuk yang di Padang belum sempat, tradisi kami setiap lebaran pulang sekeluarga konvoi, ada yang naik mobil ada juga sebagian pesawat,” ungkap Ipeh.

Dalam silaturahmi virtual itu, Ipeh dan anggota dari 8 keluarga yang ikut log-in saling bertanya kabar, dan merencanakan bertemu langsung dengan tetap menerapkan prokes. “Membahasnya ya nanya kabar, masak apa, kapan bisa silaturahmi lanjutan secara tatap muka, tetap prokesnya tetap jalan,” katanya.

Dengan kondisi tersebut, Ipeh berharap pandemi ini segera berakhir dan ia dan masyarakat dapat kembali mudik ke kampung halaman di momen-momen seperti Idulfitri ini. “Semoga kedepannya bisa mudik, dipermudah untuk ketemu keluarga yang jauh, tanpa ada nya larangan, misal pandemi ini masih ada, aturan yang penting prokes tetap berjalan dan surat ijin keluar kota bisa digunakan,” ucapnya. (Pey)

Komentar on Facebook

Tentang Penulis INFOCRB

Gambar Gravatar
Digital Media Informasi & Hiburan