Budaya

Tradisi Mengusir Roh Jahat, Nelayan Desa Waruduwur Rayakan Sedekah Laut

INFOCRB.COM, CIREBON- Tradisi sedekah laut merupakan salah satu kegiatan rutin tahunan masyarakat di desa nelayan. Tak terkecuali di Desa Waruduwur Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon, tradisi yang dihelat sebagai ungkapan rasa syukur atas berkah hasil laut yang melimpah selama kurun waktu satu tahun digelar pada hari Minggu, (9/12).

Perayaan Nadran (Sedekah laut, red) seperti biasa salah satunya diramaikan dengan arak-arakan Ancak yang nantinya akan dilarung di laut, dan berbagai karakter ogoh-ogoh. Acara tersebut turut melibatkan seluruh warga desa baik muda/mudi, orang tua, bahkan anak-anak.

Menurut salah satu panitia menuturkan, karakter ogoh-ogoh yang diarak ialah hasil kreasi dari warga setempat. “Setiap RT membuat karakter masing-masing, kecuali perahu (Ancak, red) itu dibuat sama panitia,” paparnya.

Mayoritas penduduk desa yang berprofesi sebagai nelayan pun percaya bahwa kegiatan mengarak karakter ogoh-ogoh sebagai media untuk mengusir roh jahat yang dapat mengganggu ketentraman dan hasil tangkapan di tahun berikutnya. Selain tanda ucapan syukur kepada Tuhan YME, warga pula meyakini kesakralan adat tradisi yang sudah diturunkan oleh para pendahulunya.

“Setiap kegiatan Nadran pasti semua masyarakat di sini senang. Mereka menghormati tradisi dan bersyukur atas hasil tangkapan selama ini, juga tanda syukur itu dilakukan dengan mengadakan sedekah laut,” lanjut salah satu panitia disela kegiatan.

Di tempat yang sama, menurut salah seorang warga, Anton (35) mengatakan jika rangkaian sedekah laut tidak hanya sekadar mengarak karakter ogoh-ogoh tetapi juga terdapat pertunjukan wayang kulit dan membawa Ancak (Sesajian yang diletakan di replika perahu, dan diarak hingga ke laut). Ia juga menjelaskan, di pesta laut di desanya dilaksanakan secara meriah dan penuh dengan persiapan.

Masih menurutnya, ke depan acara tradisi ini bisa dipertimbangkan oleh Pemdes sebagai alternatif wisata.

“Ke khasan desanya kan ada, tinggal bagaimana Pemdes berupaya mempromosikannya. Jangan sampai keduluan sama yang lain, itu juga bisa untuk menambah pendapatan saat cuaca lagi ngga tentu,” tutupnya. (Tgr)

Komentar on Facebook

Loading...
Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close