BeritaCirebon

UGJ Cirebon Memaknai Idul Kurban Sebagai Momentum Bantu Sesama di Tengah Pandemi Covid-19

Foto : Humas UGJ Cirebon

INFOCRB.COM, CIREBON.– Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon menggelar perayaan Hari Raya Idul Adha. Mulai dari Salat Id berjamaah di Masjid Nurul Ilmi hingga penyembelihan hewan kurban, Jumat-Sabtu (31 Juli-1 Agustus) lalu.

Rektor UGJ Cirebon, Mukarto Siswoyo mengungkapkan, penyembelihan hewan kurban menjadi bagian yang tak terlepaskan dari perayaan Hari Raya Idul Adha. Kurban menjadi salah satu yang dianjurkan bagi umat Islam yang mampu menunaikannya.

“Berkurban merupakan bentuk tanda syukur atas nikmat Allah. Kurban adalah momentum untuk menumbuhkan jiwa kemanusiaan dan sifat utama dengan berderma Kami mengajak tenaga pendidik dan kependidikan, dosen, karyawan dan seluruh civitas akademika untuk dapat memaknai peristiwa atau sejarah dari berkurban ini,” ungkapnya.

Baca Juga:  Data 30 Maret, ODP di Kota Cirebon Capai 196 Orang

Di tengah pandemi Covid-19 ini, lanjutnya, berkurban sangatlah bermakna. Pasalnya, hampir seluruh masyarakat terdampak pandemi Covid-19. Oleh karenanya, daging kurban yang dibagikan sedikit banyak akan meringankan beban masyarakat.

“Ibadah kurban ini memiliki semahgat kebersamaan dan komitmen umat Islam dalam keikhlasan untuk membantu sesama. Kami ucapkan juga terimakasih kepada YPSG dan pihak lain yang mempercayakan dan memilih Masjid Nurul Ilmi sebagai tempat melaksanakan salat ldul Adha,” imbuhnya.

Untuk hewan kurban yang disembelih di Kampus UGJ, sapi sebanyak dua ekor dan kambing ada 14 ekor. Dari hasil penyembelihan tersebut, terkumpul 610 kantung plastik daging kurban. Untuk pembagiannya, kepada struktural lembaga, dosen, karyawan dan masyarakat sekitar kampus. (Pey)

Komentar on Facebook

Loading...
Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close