Wabah Corona, MUI Kota Cirebon : Salat Jumat di Masjid Tetap Ada, Dengan Catatan

oleh -4 views

Foto : Ketua MUI Kota Cirebon, KH. Solihin Uzer

INFOCRB.COM, CIREBON.- Menindaklanjuti fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat nomor 14/2020 tentang penyelenggaraan ibadah dalam situasi terjadi wabah Covid-19 yang sempat ramai diperbincangkan di media sosial, MUI Kota Cirebon melakukan rapat untuk merumuskan point-point fatwa yang akan disebarkan di Kota Cirebon, Kamis (19/3/2020) siang.

Ketua MUI Kota Cirebon, KH Solihin Uzer menyampaikan beberapa fatwa yang disepakati untuk diberlakukan di Kota Cirebon, salahsatunya menyenai pelaksanaan salat Jumat dan salat berjamaah di masjid.

Untuk di Kota Cirebon, kata Solihin, MUI memfatwakan agar umat Islam lebih berhati-hati dan lebih teliti dalam melaksanakan ibadah, termasuk shalat jumat dan salat fardu yang dilaksanakan secara berjamaah.

“Umat Islam itu harus berhati-hati dan teliti dalam melaksanakan ibadah, maka dari itu, kami rapat menindaklanjuti fatwa MUI pusat dan surat edaran dari MUI Provinsi,” ungkap Solihin Uzer usai rapat.

Ibadah-badah yang dilaksanakan secara bersama-sama, seperti Salat Jumat, lanjut Solihin, di Kota Cirebon masih akan dilangsungkan, tidak ada larangan sama sekali, termasuk salat fardhu lima waktu, namun dengan catatan yang berdasarkan pada kehati-hatian dan ketelitian.

“Kalau umat Islam merasa dirinya kurang sehat, lebih baik melaksanakan salat di rumah, sebagai salahsatu upaya pencegahan penyebaran. Kalau sehat, yakin tidak sakit, silahkan ke Masjid,” lanjut Solihin.

Kepada masjid-masjid besar yang ada di Kota Cirebon, dijelaskan Solihin, MUI juga menekankan untuk ikut lebih berhati-hati dan teliti, dan itu bisa dilakukan dengan menyediakan tempat untuk cuci tangan bagi para jamaah.

“Masjid besar diimbau menyediakan tempat cuci tangan, agar yang sudah berwudlu bisa cuci tangan lagi, itu bentuk kehati-hatian juga,” jelas Solihin.

Ia juga menyampaikan bahwa disamping menyikapi isu Covid-19, sudah sejak dulu Islam menekankan kebersihan, sehingga dengan adanya isu penyebaran Covid-19 ini, harus membuat umat Islam lebih memperhatikan lagi kebersihan di sekelilingnya.

“Sehingga perintah Allah dilaksanakan, pemeintah MUI dilaksanakan dan perintah Pemerintah dilaksanakan. Di Kota Cirebon, besok tetap Jumatan seperti biasa, dengan catatan tadi, orang yang yakin sehat, yang punya riwayat, dan merasa pernah kontak dengan orang luar, lebih baik hati-hati dengan salat di rumah. Fatwa ini sampai dengan pemerintah menyatakan Indonesia bebas dan negatif dari Covid-19,” ujar Solihin. (Pey)

Komentar on Facebook

Tentang Penulis INFOCRB

Gambar Gravatar
Digital Media Informasi & Hiburan