BeritaCirebon

Wajah Baru Trotoar Jalan Siliwangi-Kartini akan Terwujud Dalam Waktu 120 Hari

Foto : Proyek penataan trotoar Jalan Siliwangi

INFOCRB.COM, CIREBON.- Pekerjaan proyek penataan trotoar Jalan Siliwangi dan sebagian Jalan Kartini sudah dimulai.

Diawali dengan penebangan sejumlah pohon yang menghalangi pekerjaan penataan dan normalisasi drainase, akhir pekan lalu beberapa alat berat terlihat sudah mulai diturunkan untuk melakukan pembongkaran trotoar lama.

Terkait salah satu proyek fisik yang tetap dilaksanakan di tahun 2020 walaupun sebagian anggarannya sudah direfocusing tersebut, Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis optimis pengerjaan proyek trotoar Jalan Kartini dan Jalan Siliwangi akan berjalan sesuai dengan perencanaan, dimana dalam dokumen kontrak, penataan akan dilaksanakan dalam waktu 120 hari, sehingga akan rampung di akhir bulan Desember.

Oleh karena itu, Azis berharap pengerjaannya dilaksanalan dengan baik oleh kontraktor sehingga bisa berakhir tepat waktu.

“Insya Allah selesai, sesuai jadwal seharusnya akhir Desember selesai, kita dukung bersama,” ungkap Azis.

Ditanya mengenai desain trotoar, Azis menjelaskan untuk desain trotoar, pada prinsipnya trotoar harus bisa sesuai fungsinya, nyaman digunakan untuk pengguna jalan, dan ramah untuk disabilitas dengan memaksimalkan estetika untuk menambah kecantikan Kota Cirebon.

Dengan ditatanya trotoar Jalan Siliwangi dan Sebagian Kartini, Azis ingin menjadikannya pemandangan baru, serta membangun ikon yang menarik menjadi ciri khas di Kota Cirebon, dimana tak hanya berfungsi sebagai tempat berjalan, masyarakat juga bisa berwisata, nongkrong dengan santai hingga berswafoto.

“Trotoar baru ini kedepan harus menjadi destinasi wisata bagi pejalan kaki yang ramah disabilitas,” harap Azis.

Baca Juga:  Puluhan Kendaraan Arah Jakarta Diputarbalikkan di Kota Cirebon

Sebelumnya, Kabid Bina Marga, Wadi SE menuturkan bahwa konsep pembangunan trotoar kali ini akan didesain beda dengan trotoar yang sudah ada.

Jika biasanya trotoar di bangun dengan menggunakan material batu alam, dijelaskan Wadi, konsep trotoar di Jalan Siliwangi dan sebagian kartini akan dibangun full dengan material beton, tanpa menggunakan batu alam, diatasnya akan dibentuk secara rapi dengah diberikan motif khusus, yakni batik mega mendung yang menjadi khas Cirebon.

Konsep terebut, kata Wadi, akan menjadi konsep pertama yang diterapkan di trotoar Kota Cirebon, ditambah lagi beberapa lampu taman juga akan dipasang lengkap dengan kursi santai, hal itu akan menambah elok trotoar baru yang akan selesai akhir tahun 2020 tersebut.

“Kita berusaha menata Kota Cirebon, salahsatunya dengan mempercantik trotoar, minta dukungannya dari semua masyarakat,” kata Wadi. (Pey)

Komentar on Facebook

Loading...
Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close