BeritaCirebonVirus Corona

Walikota Terbitkan SE Tentang Pelaksanaan Kegiatan Keagamaan Selama Pandemi Covid-19

Foto : Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis

INFOCRB.COM, CIREBON.- Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis menerbitkan Surat Edaran (SE) tentang pelaksanaan kegiatan keagamaan terkait pencegahan penyebaran Covid-19.

SE dengan nomor 443/25-Adm.Kesra/2020 tersebut diterbitkan Kamis (2/4/2020) seusai menggelar konferensi pers terkait keputusan ditiadakan sementara Salat Jumat di masjid se-Kota Cirebon.

Dalam SE tersebut, terdapat lima poin dasar keputusan dan lima poin keputusan.

Kelima dasar keputusan dalam SE tersebut yakni Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Coronawrus Disease 2019 (Covid-19), Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 2020 tentang Penetapan Kedaruratan kesehatan Masyarakat, Maklumat Kepala Kepolisian Repubhk Indonesia Nomor: Mak/2/III2020 tentang Kepatuhan Terhadap Kebijakan Pemerintah dalam Penanganan Penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Surat edaran

Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 14 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan lbadah Dalam Situasi Wabah dan Keputusan Wali Kota Clrebon Nomor 368/Kep.166-KPBD/2020 tanggal 20 Maret 2020 tentang Status Keadaan Tenentu Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat  (Covid-19) di Kota Cirebon.

Kemudian, dalam lima poin keputusan, Wali Kota Cirebon meminta masyarakat Kota Cirebon untuk pelaksanaan Salat Jum’at di masjid-masjid bagl umat Islam untuk sementara waktu ditiadakan pelaksanaannya sampai batas waktu yang belum ditentukan, pelaksanaan Salat Jum’at diganti dengan Salat Dzuhur yang dilaksanakan di rumah masing-masing.

Baca Juga:  Pesantren Daarut Tauhid Al-Ishlah Bershalawat, Momentum Menjaga Ukhuwah

Pelaksanaan ibadah bagi Umat Nasrani, Hindu, Budha dan Khonghucu secara tatap muka dapat diganti dengan pemanfaatan teknologi digital dan media sosial sampai batas waktu yang belum ditentukan

Pemerintah Daerah Kota Cirebon akan mengevaluasi himbauan tersebut sesuai dengan situasi penyebaran Covid-19 di Kota Cirebon.

Bagi masyarakat dihimbau untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta memperbanyak doa agar Kota Cirebon dapat terhindar dari wabah Covid-19. (Pey)

Komentar on Facebook

Loading...
Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close