CirebonVirus Corona

Warga Kota Cirebon Boleh Gelar Lomba 17 Agustus, Asalkan Berjarak Dua Meter Antar Orang

Foto : Istimewa

INFOCRB.COM, CIREBON.- Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun 2020, Indonesia dan dunia masih berada di tengah pandemi covid-19.

Dengan perbedaan kondisi saat ini, tentu berdampak pada segala kegiatan rutin yang digelar dalam rangka peringatan HUT RI. Selain upacara kenegaraan yang akan digelar virtual guna menghindari kerumunan. Pemerintah pun mengimbau bahwa dalam perayaan ini, tidak disarankan menggelar perlombaan yang mengundang kerumunan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon, dr Eddy Sugiarto menyampaikan, dalam merayakan HUT RI khususnya dengan lomba-lomba, secara umum tidak boleh ada kerumunan.

Baca Juga:  Dirut PDAM : Tidak Ada Kenaikan Tarif, Jumlah Tagihan Efek WFH

“Kalaupun (dalam lomba) ada kerumunan, disarankan itu dilakukan di outdoor (luar ruangan) dengan jarak minimal dua meter antar orang,” kata dr Eddy, Kamis (13/8/2020).

Untuk jumlah orang, lanjut dr Eddy, paling banyak 20 orang, kalau lebih dari itu potensi transmisi sangat besar.

“Apalagi dengan durasi yang lama, itu sangat beresiko,” ungkapnya.

Menurut dr Eddy, disarankan juga di lapangan yang luas, karena dengan digelar di lapangan, ditambah adanya paparan sinar matahari itu dapat meminimalisir transmisi virus.

“Tetap harus selalu cuci tangan, sosial distancing, pshycal distancing dan menghindari kerumunan, itu hukumnya wajib,” ujarnya. (Pey)

Komentar on Facebook

Loading...
Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close