Berita

Website DPUPR Kota Cirebon Jadi Korban Aksi Hacker

INFOCRB.COM, CIREBON- Website milik Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Cirebon tidak dapat diakses sejak pagi, (30/10). Situs resmi dinas yang berada di jalan terusan Pemuda tersebut berubah dengan tampilan background gelap dengan terpampang tulisan-tulisan dari seorang hacker.

Menurut Aryo, selaku bagian pemograman DPUPR, ia sempat membuka website tadi pagi sekitar pukul 07.00 dan tidak bisa diakses hingga sekitar pukul 10.00 WIB.

“Semalam saya masih buka dan normal, pagi setelah cek lagi sudah tidak bisa diakses,” kata Aryo.

Situs yang beralamat di dpupr.cirebonkota.go.id. hanya terpampang tulisan peretas dan beberapa kalimat yang menyudutkan pemerintah.

Konfirmasi mengenai dihack nya situs DPUPR, dibenarkan Aryo. Masih menurutnya, sejak kejadian pihaknya langsung berkoordinasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika kota Cirebon (DKIS), karena mereka yang mempunyai wewenang. Namun yang pegawai bersangkutan sedang tidak berada di tempat.

Baca Juga:  BPKK : Tradisi Muludan itu Tidak Bisa Dihilangkan

“Sudah koordinasi dengan DKIS, sekarang sedang dilakukan maintenance atau perbaikan, semoga saja sore bisa diakses lagi,” lanjutnya.

Pihaknya pun menyayangkan ulah usil peretas yang hanya membuat kegaduhan, dan tidak memikirkan efek buruknya. Seperti diketahui kemarin, Senin (29/10), pemkot Cirebon telah resmi meluncurkan Cirebon command Center salah satunya pelayanan nomor tanggap darurat 112  yang dapat digunakan masyarakat agar terhindar dari kejahatan atau musibah lainnya jika membutuhkan.

“Saya takut ada orang usil saja, kemarin kan pemkot baru meluncurkan command center tuh,” pungkasnya.

Sampai berita ini diturunkan, website resmi DPUPR masih belum dapat diakses namun sudah terlihat berubah tampilan menjadi maintainance atau dalam perbaikan. (Tgr)

Komentar on Facebook

Loading...
Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close