Zona Merah, Pansus Covid-19 DPRD : Warga Kota Cirebon Tidak Bisa Disalahkan

oleh -45 views

Foto : dr Tresnawaty

INFOCRB.COM, CIREBON.- Pansus Covid-19 DPRD menanggapi status zona merah yang disandang Kota Cirebon pada periode 17 – 23 Mei 2021.

Menurut Ketua Pansus Covid-19 DPRD Kota Cirebon, dr Tresnawaty Sp.B, kondisi ini tidak sepenuhnya dampak dari aktivitas warga Kota Cirebon itu sendiri, melainkan ada faktor-faktor lain, diantaranya banyak juga kunjungan warga luar kota ke Kota Cirebon.

“Tidak bisa disalahkan warga kota saja, karena Kota Cirebon banyak dikunjungi oleh warga luar kota Cirebon,” kata Tresnawaty saat dihubungi Infocrbcom.

Ia berharap, situasi dan kondisi ini tidak bertahan lama, sebagaimana upaya-upaya Pemda Kota Cirebon yang melakukan pengetatan aturan serta kebijakan guna memutus mata rantai penyebaran virus corona.

“Mudah-mudahan tidak memburuk, dan sarana kesehatan bisa siap dalam menghadapi segala kemungkinan. Warga kota diharapkan melakukan 5M (memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi),” ujarnya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Sub Divisi Data dan Kajian Epidemiologi Divisi Penanganan Kesehatan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 merilis hasil evaluasi resiko masyarakat kota/kabupaten di Jawa Barat, Senin (24/5/2021).

Data zona resiko Covid-19 se-Jawa Barat pada periode 17 – 23 Mei 2021 menyebutkan, dari total 27 Kota/Kabupaten se-Jawa Barat, hanya Kota Cirebon yang berada di zona merah (risiko tinggi) dan hanya Kabupaten Sukabumi yang berada di zona kuning (risiko rendah) selebihnya berada di zona oranye (risiko sedang).

Standar WHO untuk pemeriksaan spesimen adalah 1 per 1.000 pendudukbper pekan (45.161 spesimen). Jumlah pemeriksaan kasus/spesimen di Jawa Barat sepekan kurang dari standar WHO sebanyak 27.482 spesimen (61% dari standar WHO). Standar WHO untuk positivity rates adalah 5% dari kasus diperiksa 5% x 27.492 = 1.374 spesimen positif. (Pey)

Komentar on Facebook

Tentang Penulis M Hasan Hidayat

Gambar Gravatar
Pencari Berita Wilayah Cirebon Kota